GALERY KEGIATAN

KEGIATAN SEKOLAH

Kota Bima (15/11/2020), dalam kegiatan Jambore Ajang Kreatifitas Genre Awards 2020 prov NTB, SMAN 1 Kota Bima ikut berpartisipasi dengan mengirimkan perwakilan yaitu 1 putra yang diwakili oleh Mu’adz Ulil Azmi siswa kelas XII IPA-3 dan 1 putri yang di wakili oleh Istiqamatul Muslimah siswi kelas XII IPA-1.

Melalui kegiatan Jambore Ajang Kreatifitas Genre Awards 2020 diharapkan akan mucul generasi-generasi berencana yang memiliki kemampuan dalam mempelopori dan menjadi bagian dalam pembangunan Nasional, dan juga mampu berkontribusi untuk daerah secara Total.

Setelah melalui proses kompetisi yang luar biasa ketat bersama puluhan peserta lainnya, perwakilan SMAN 1 Kota Bima putra akhirnya mampu menyisihkan puluhan peserta lainnya dengan meraih Juara 2.

Selamat Kepada Mu’adz Ulil Azmi siswa kelas XII IPA-3 yang telah menambah pundi-pundi prestasi SMAN 1 Kota Bima di Tingkat Provinsi NTB.

Selamat untuk anak-anak hebat, tebarkan hal-hal positif untuk para remaja Indonesia! (Jahrudin, S.Pd)

Kota Bima, (12/11/2020) Kurikulum 2013 hadir sebagai acuan pendidikan yang menempatkan kompetensi sikap/ karakter pada urutan pertama kemudian diikuti oleh kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Aspek sikap sebagai cerminan karakter mendapatkan posisi yang dominan pada lingkup pendidikan dasar. Hal ini berkaitan dengan tujuan pendidikan yang tidak hanya meningkatkan kemampuan tetapi juga membentuk budi pekerti dan akhlak mulia. Pendidikan karakter merupakan kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat tindakan yang mendidik dan membangun karakter (character building). Pendidikan karakter memiliki tujuan untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus menerus.

Terdapat banyak pengembangan dan pembaharuan pendidikan dalam Kurikulum 2013 yang harus dikuasai oleh guru maupun pelaksana pendidikan lainnya. Salah satunya, guru diharapkan mampu menerapkan pendidikan karakter dan melakukan penilaian karakter dalam pembelajaran. Selain penerapan pendidikan karakter, penilaian karakter sangat penting untuk dikembangkan karena penilaian karakter merupakan bagian dari penilaian dalam pembelajaran di kelas, terintegrasi bersama pendidikan  karakter. Penilaian menjadi faktor yang penting dalam memberikan gambaran bagaimana karakter siswa dan perkembangan ketercapaian siswa. Oleh karena itu bagi sekolah yang telah melaksanakan pendidikan karakter maka perlu melakukan penilaian karakter.

Realita yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan penilaian karakter banyak  ditemukan kesulitan dan kendala. Salah satu kesulitan guru dalam penilaian karakter adalah menyusun instrumen penilaian karakter pada pembelajaran. Tidak ada panduan atau patokan khusus dalam menilai karakter yang sejatinya penilaian karakter merupakan tahapan yang penting sekaligus rumit karena berkenaan dengan hasil pendidikan karakter yang berupa sikap moral.

WhatsApp Image 2020 11 13 at 12.49.42

Dalam rangka menjawab persoalan di lapangan tersebut, Bapak Kepala Sekolah Dedy Rosadi, M.Pd. M.Sc. mengadakan Workshop Peningkatan Kompetensi Penyusunan Perangkat Penilaian Sikap (PKP3S) dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Proses Pembelajaran dan Sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Tahun Ajaran 2020/2021 bagi Guru-guru lingkup SMAN 1 Kota Bima.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dimulai dengan melakukan Forum Group Discussion dari tanggal 12 - 13 November 2020. Pada tanggal 12 November 2020 terdapat beberapa materi yang disampaikan yaitu mengenai Kurikulum 2013, Penilaian Autentik, dan Workshop Pembuatan Instrumen Penilaian sikap/Karakter. Narasumber pada kegiatan ini yaitu Bapak Dedy Rosadi, M.Pd. M.Sc,  Bapak Sucipto, S.Pd, Bapak Saifullah, S.Pd, Bapak Masyhudin, M.Pd dan Ibu Fenny Dwi F, S.Pd. Setelah berlatih membuat instrumen penilaian Sikap/karakter, guru-guru juga melakukan penilaian karakter selama 2 hari berdasarkan instrumen yang telah dibuat. Instrumen yang dibuat mengacu pada 5 sikap utama program Penguatan Pendidikan Karakter yaitu Religius, Nasionalis, Integritas, Mandiri, dan Gotong Royong. Diskusi dan presentasi mengenai hasil observasi dan temuan di lapangan dilakukan pada 13 November 2020.

WhatsApp Image 2020 11 13 at 12.49.40

Friday, 06 November 2020 02:31

RKAS BOS TAHUN 2020

Written by
Tuesday, 03 November 2020 00:54

Struktur PPID

Written by

Monday, 02 November 2020 15:32

info publik

Written by
Monday, 02 November 2020 14:08

Tupoksi PPID

Written by

Tugas Utama PPID

SMAN 1 KOTA BIMA

Menyediakan informasi dan dokumentasi terkait dunia pendidikan untuk diakses oleh masyarakat umum sebagai bentuk keterbukaan Informasi Publik.

  1. Menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. Meminta dan memperoleh informasi dari unit kerja/komponen/satuan kerja yang menjadi cakupannya;
  3. Mengoordinasikan pemberian pelayanan informasi dengan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional yang menjadi cakupan kerjanya;
  4. Menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses oleh publik; dan
  5. Menugaskan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional untuk membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan dokuementasi untuk kebutuhan organisasi.
Page 1 of 5

Cari

Pengunjung

794008
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
56
771699
6633
794008

Your IP: 3.216.79.60
2020-11-24 00:19